Senin, 23 September 2013

Terapi oksigen hiperbarik untuk anak autis

Terapi oksigen hiperbarik untuk anak autis

Sepertinya, keberadaan Terapi Oksigen Hiperbarik (HBO) yang beberapa saat lalu dihadirkan Omni Medical Center Hospital bisa menjadi "angin segar" bagi orangtua yang memiliki anak autis. Seperti diketahui, salah satu penyebab autis yakni kurangnya pasokan oksigen di otak sehingga membuat fungsi otak terganggu.

Terapi HBO pertama kali diperkenalkan pada tahun 1662 oleh seorang pria Inggris bernama Henshaw untuk membantu fungsi pencernaan dan pernafasan saja. HBO merupakan terapi dengan menggunakan oksigen bertekanan diatas 1 atmosfir absolute (ATA) dan didorong masuk kesetiap sel tubuh melalui seluruh cairan tubuh, termasuk cairan plasma, getah bening juga cairan otak yang dilakukan dalam sebuah media berupa Kamar Udara Bertekanan Tinggi (KUBT). Di RS Omni Medical Center tersedia 3 KUBT monochamber (1 kamar bertekanan 1,3 - 1,5 ATA dengan kadar oksigen antara 40-90% yang sangat aman dan tergolong sebagai mild HBO (HBO ringan).

Kata dr. Melly Budiman, terapi oksigen hiperbarik sangat cocok diterapkan kepada penderita autisme yang memiliki indikasi kekurangan oksigen. "Misalnya anak autis dengan riwayat semasa dalam kandungan terlilit tali pusar hingga denyut jantungnya melemah, tertahan lama di jalan lahir, lahir dengan tubuh kebiruan dan tidak langsung menangis".

Terapi oksigen hiperbarik

Biasanya, sebelum menjalani terapi ini, pasien harus menjalani pemeriksaan awal terlebih dahulu. Mereka yang tengah demam, batuk, pilek, sinusitis, sakit telinga, kejang, memiliki penyakit jantung/paru dan kanker dilarang melakukan terapi. Dengan kata lain, tidak semua pasien bisa memanfaatkan terapi HBO. Jika hal tersebut dilanggar maka dapat menyebabkan komplikasi seperti rasa nyeri, ada rongga sinus/telinga/dada, kejang dan penyakit dekompresi.

Namun menurut dr. Ni Putu Sudewi, SpA, komplikasi seperti yang disebutkan tadi dapat dihindari selama dilakukan dengan persiapan yang baik, dosis tekanan dan kadar oksigen yang aman serta teknik pengoperasian alat yang sesuai dengan standar operasional. Dilain pihak, terapi ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan sel darah putih untuk melawan infeksi, meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, membentuk pembuluh darah kapiler baru, membunuh kuman-kuman anaerob dalam usus, dan membantu setiap organ dalam tubuh berfungsi dengan lebih baik.

Terapi oksigen hiperbarik

Dahsyatnya lagi, menurut dr. Ni Putu, HBO membantu menyembuhkan luka pasca operasi caesar dengan cepat, begitu pula halnya dengan jenis luka lain semisal luka dengan diabetes, luka pasca operasi ataupun luka akibat trauma yang membutuhkan waktu penyembuhan cukup lama. Yang tak kalah terpenting, terapi ini dapat mengatasi jerawat membandel hingga mencegah plus mengurangi keriput.
Keyword: terapi oksigen | terapi oksigen hiperbarik | terapi hiperbarik | efek terapi hiperbarik | daftar rumah sakit memiliki alat hiperbarik | penemu hiperbarik | kegunaan hiperbarik
 
 
 
 
 
 
 
sumber;kliksaya.com
di tayangkan ulang oleh : dr.Erick Supondha (hyperbaric& diving medicine consultant) hiperbarik oksigen terapi >RS bethsaida , jakarta indonesia, (dokter hiperbarik/ahli hiperbarik/dokter kesehatan penyelaman)
021 99070050

Tidak ada komentar: