Jumat, 11 Maret 2011

ASMA DAN PENYELAM


Undersea and Hyperbaric Medical Society memutuskan asma yang seharusnya tidak lagi dianggap sebagai kontraindikasi mutlak untuk menyelam. Sebaliknya, penyelam harus dibuat sadar akan faktor risiko. Rekomendasi-rekomendasi berikut ini dibuat:

    * Latihan menyelam atau lingkungan dingin akan memprofokasi serangan asma bagi penderita asma tidak seharusnya melakukan penyelaman.
    * Penderita asma yang memerlukan pengobatan kronis ( seperti bronchodilator dalam waktu 48 jam sebelum dan setelah penyelaman) menyelam tidak sarankan
    * Penderita asma ringan sampai sedang sebaiknya dilakukan skrining spirometri, jika hasilnya baik atau normal dapat dianggap sebagai calon untuk menyelam.
* Jika memiliki serangan asma , skrining spirometri harus dilakukan, dan orang tersebut seharusnya tidak menyelam sampai fungsi kembali saluran napas ke normal.

1 komentar:

Tari mengatakan...

Dok, saya mau ambil lisensi selam. Saya punya asma. Dan kata dive centre-nya saya harus periksa ke dokter spesialis diving dulu supaya dapet izin menyelam. Dokter praktek di RS mana aja ya?